Penyelenggaraan Jenazah Sesuai Tata Cara

Apakah saat ini anda sedang belajar untuk mengurus jenazah? Untuk mengurus jenazah memang diperlukan banyak sekali pengetahuan. Banyak hal yang harus anda ikuti untuk dapat mengurus jenazah dengan benar. Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara dan langkah yang benar untuk dapat mengurus jenazah sehingga akan dapat menimbulkan banyak hal yang harus anda ketahu tata caranya. Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut agar dapat mengurus jenazah dengan sangat benar.

 

Tentunya banyak hal yang harus diperhatikan saat mengurus jenazah seperti mulai memandikan, menyiapkan tempat pemandian jenazah, kemudian mengkafani, menyolatkan dan kemudian anda dapat menguburkan jenazah dengan layak. Untuk tata cara dalam mengurus jenazah sendiri antara lain :

 

Tata cara penyelengaraan jenazah

 

  1. Memandikan

Hal yang paling utama saat anda akan mengurus jenazah adalah memandikan dengan benar. Tentunya ada beberapa tata cara yang harus anda ikuti saat akan memandikan jenazah dengan benar. Untuk memandikan jenazah, tentunya harus memakai sarung tangan dahulu sehingg dapat dibasuh dan juga dapat dibersihkan dengan mudah. Kemudian jenazah harus ditutup dulu auratnya selama dimandikan. Dibasuh dengan benar dan sesuai dengan aturan dan tata caranya sehingga akan dapat bersih jenazahnya. Untuk tata cara membersihkan bagaian bagian tubuh juga harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tata caranya. Setelah itu mengeluarkan kotoran dari perut jenazah dan kemudian membersihkan seluruh bagian tubuh untuk jenazah.

 

  1. Mengkafani

Setelah jenazah sudah bersih, maka tandanya akan siap untuk dikafani. Untuk proses mengkafani jenazah untuk perempuan dan laki laki memang berbeda. Untuk laki laki lebih simple dan mudah. Hanya perlu menyiapkan kain kafan dengan 4 lapis kain dan letakan jenazah ditengah. Kain harus di beri wewangian dan kemudian ikat jenazah dengan benar. Untuk jenazah perempuan, maka harus ada beberapa kain dan sarung, gamis serta kerudun yang harus disiapkan. Kemudian letakkan juga beberapa kapas yang sudah diberi wewangian dan kemudian bungkus jenazah dengan kain kafan. Untuk  mengikatkan juga harus sesuai dengan aturan.

 

  1. Menyolatkan

Setelah jenazah sudah selesai dikafani, maka jenazah akan disholatkan. Terdapat 4 takbir dalam menyolatkan jenazah. Untuk doa juga berbeda antara doa untuk jenazah laki laki dan perempuan sehingga harus sesuai dengan jenis kelaminnya dan membacakan doa sholat jenazah. Setelah itu jenazah akan ditaruh di keranda dan dibawa ke tempat dimana jenazah akan dikuburkan.

 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengurus jenazah

 

  1. Menguburkan

Proses menguburkan jenazah juga harus dilakukan dengan tata cara yang benar. Hendaknya liang lahat memang dibuat sedalam mungkin dan diukur sesuai dengan panjang jenazah. Kemudian jenazah di masukkan dan dihadapkan ke arah kiblat. Setelah itu di tutup dengan kayu dan mulai menimbunnya dengan tanah kubur.

 

Banyak hal hal yang harus diperhatikan setelah menguburkan jenazah seperti tidak duduk atau berdiri diatas kubur. Tidak membuat kegaduhan dan kepercayaan yang dilarang. Tidak membantu sesuatu diatas kuburan dan masih banyak lagi yang lain. Tentunya hal hal diatas akan dapat anda lakukan agar dapat mengurus dengan mudah jenazah yang akan diurus. Segala tata cara dari mulai memandikan, kemudian memberikan kafan sesuai dengan tata caranya dan kemudian anda dapat menyolatkan sesuai dengan tata cara serta dapat menguburkan jenazah dengan benar. Hal ini harus dilakukan sebagai sesama orang muslim.