Ini Tips dan Trik Memasak Nasi Uduk Anti Gagal Untuk Pemula

Nasi uduk atau biasa disebut sega gurih adalah makanan yang dibuat dari nasi putih yang dimasak dengan santan serta bumbu rempah lainnya. Nasi gurih satu ini merupakan hidangan populer yang dapat ditemukan dimanapun. Meski begitu, tahukah Anda darimana hidangan satu ini berasal? Ternyata hidangan nasi ini merupakan hidangan khas Betawi. Nasi gurih ini sangat mudah dibuat, simak cara membuatnya.

Tips Memasak Nasi atau Sega Gurih Anti Gagal

  1. Pilih Jenis Beras yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses membuat nasi gurih ini adalah pemilihan beras. Pilih jenis beras yang tepat dan berkualitas agar hasil masakan lebih pulen dan enak. Jangan sampai Anda salah menggunakan beras ketan sebagai nasi uduk. Tentunya nanti masakan Anda akan gagal total, pastikan juga beras Anda tidak kadaluarsa. Cuci beras dengan benar selama beberapa kali.

  1. Perhatikan Takaran Santan

Karena menggunakan santan sebagai bahan utama, pembuatan sega gurih ini tidak bisa dilakukan secara asal. Takaran santan yang terlalu banyak bisa membuat nasi menjadi lembek. Meski begitu Anda tetap bisa memperbaikinya dengan cara meniriskan santan di dalam nasi yang sedang dimasak. Kemudian masak kembali nasi dengan api kecil jika Anda menggunakan kompor.

Hal ini bermanfaat untuk menguapkan uap santan agar nasi bisa menjadi lebih pulen nantinya. Setelah nasi matang, Anda dapat mengaduknya perlahan agar mengurangi uap dan tidak lembab. Pastikan juga Anda menggunakan santan segar saat memasak. Jika tidak mempunyai santan segar, Anda dapat membeli santan instan di toko terdekat.

  1. Tambahkan Rempah Lainnya

Tips berikutnya agar memperoleh nasi uduk yang nikmat adalah dengan menambahkan rempah-rempah. Di setiap daerah di Indonesia, terdapat berbagai macam resep yang berbeda. Takaran dan penggabungan rempah ini berbeda di setiap daerahnya. Di Jawa sendiri, masyarakat biasanya menyajikannya dengan lauk telur dadar dan bawang goreng saja.

Berbeda di Jakarta, nasi gurih ini biasanya dimakan dengan banyak lauk yang bervariasi. Karena merupakan hidangan khas betawi, nasi satu ini disajikan dengan berbagai macam lauk.  Mulai dari ayam goreng, semur, orek tempe, tempe goreng, tahu goreng, bihun goreng dan lauk lainnya. Di Aceh sendiri nasi ini disebut dengan bu gurih.

  1. Dikukus

Jika biasanya memasak nasi menggunakan rice cooker, kali ini nasi uduk dapat dimasak dengan cara dikukus di atas kompor. Metode memasak nasi tradisional ini digunakan untuk mengatasi nasi yang lembek. Cara ini dapat digunakan untuk memasak nasi lainnya.  Agar hasil nasi bisa pulen dan nikmat, Anda bisa mencoba memasak nasi menggunakan metode kukus satu ini untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam nasi.

Teknik lain yang dapat dicoba untuk pemula adalah dengan cara memasak nasi menggunakan rice cooker, setelah beras matang Anda dapat memindahkan nasi ke kukusan. Kemudian aduk perlahan nasi, lakukan beberapa kali dengan jarak beberapa menit untuk melihat apakah nasi yang Anda buat matang secara sempurna. Anda dapat menggunakan kompor gas atau kompor tradisional.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat dicoba saat memasak nasi gurih atau sega gurih. Memasak sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan, Anda hanya perlu menakar bahan-bahannya agar tepat. Sangat mudah bukan? Bahkan sekarang sudah ada bumbu instan yang dapat langsung digunakan dalam sebuah Packaging makanan. Jadi Anda tidak perlu repot lagi membeli bahan-bahan di supermarket atau pasar.