5 Cara Mudah Menghemat Baterai Samsung Agar Awet dan Tahan Lama

Sebagai salah satu barang elektronik yang setiap harinya begitu dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas, pasti kesal jika baterai smartphone cepat habis, khususnya ketika dibawa bepergian. Jangan khawatir, bagi anda pengguna Samsung, berikut ada cara mudah menghemat baterai Samsung yang patut untuk dicoba. Apa sajakah itu ?

 

Cara Menghemat Baterai Smartphone Samsung

  1. Mengurangi Penggunaan Warna Putih di Layar

Bagi anda yang mempunyai smartphone Samsung dengan layar super AMOLED, maka cara satu ini bisa dicoba untuk menghemat pemakaian baterainya. Karena meskipun layar super AMOLED ini memang memiliki tampilan yang sangat bagus dan tajam, namun penggunaan wallpaper atau tema gawai yang banyak menggunakan warna cerah atau putih sebaiknya dikurangi.

Pasalnya warna cerah atau putih di layar super AMOLED bisa meningkatkan penggunaan daya baterai HP. Oleh karena itu, alangkah lebih baik bila anda memilih wallpaper dengan warna yang cenderung gelap pada layar super AMOLED. Misalnya warna hitam, navy dan lain sebagainya untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

  1. Kurangi Cahaya Layar

Tidak hanya mengurangi penggunaan warna putih atau cerah dari wallpaper yang diterapkan, anda juga sebaiknya mengurangi cahaya layar di pengaturan. Layar HP Samsung untuk produk produk terbarunya kini memang semakin bagus. Apalagi resolusi yang ditawarkan juga besar seperti QHD, dan ukuran layarnya juga cukup lebar.

Meskipun anda tidak perlu khawatir mengenai kejernihan layarnya, namun mengatur cahaya yang begitu terang pada gawai akan membuat konsumsi baterainya jauh lebih banyak. Sehingga smartphone Samsung anda pun akan kehabisan baterai lebih cepat. Jadi anda harus mengurangi brightness pada layar untuk membuat baterai bertahan lebih lama.

  1. Mengatur Screen Timeout

Penting untuk diketahui bahwa layar HP yang terus menyala dalam waktu lama, meskipun tidak sedang digunakan, akan membuat daya baterainya menjadi lebih cepat berkurang. Untuk itu, anda perlu mengatur screen timeout pada gawai guna mencegahnya kehabisan baterai lebih cepat.

Screen timeout sendiri adalah fitur otomatis yang akan mematikan lampu layar setelah beberapa waktu tidak digunakan. Ini akan sangat membantu apabila anda kelupaan mengunci smartphone, agar gawai tidak terus berada dalam kondisi layar menyala. Pada fitur screen timeout, ada beberapa waktu yang bisa dipilih, mulai dari 15 detik hingga 10 menit lamanya.

  1. Periksa Aplikasi yang Mengonsumsi Daya paling Besar

Tentu anda sudah tahu bahwa semakin banyak aplikasi yang diinstal pada smartphone, maka konsumsi baterainya pun akan semakin boros. Terlebih jika banyak aplikasi tersebut yang berjalan di latar belakang. Cara mudah menghemat baterai Samsung dalam hal ini yaitu berhentikan sementara aplikasi yang mengonsumsi daya paling besar.

Anda bisa memeriksa aplikasi mana yang paling besar mengonsumsi daya baterai dengan cara masuk ke menu Baterai di pengaturan. Kemudian lihat di bagian usage by apps, di sana anda akan menemukan aplikasi yang paling menguras daya baterai di daftar teratas. Tap aplikasi tersebut kemudian pilih put app to sleep.

  1. Aktifkan Daya Penghemat Baterai

Jika anda sedang di perjalanan dan khawatir apabila gawai tiba tiba kehabisan baterai, maka aktifkan daya penghemat baterai di smartphone. Dengan mode ini, layar akan menjadi grayscale dan penggunaan data pun akan dipangkas. Beberapa pengaturan smartphone akan berubah pada mode ini dengan tujuan untuk menghemat pemakaian baterai.

Itulah beberapa cara menghemat baterai Samsung, merujuk dari website Leskompi. Berbagai cara tersebut bisa anda lakukan ketika akan perjalanan jauh agar baterai tidak habis. Selain itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti pemakaian charger original untuk menjaga baterai agar tidak cepat rusak. Sebab baterai yang rusak tentunya daya tahannya lebih lemah.