4 Kebiasaan Untuk Mengajarkan Cara Menghemat Air Di Rumah

Banyak pendapat yang menjelaskan bagaimana cara untuk menghemat air dengan benar. Jika dikaji dengan lebih mendalam, jelas jawabannya adalah berpaku pada kebiasaan. Dengan memperbaiki kebiasaan, maka akan lebih mudah untuk mencoba cara menghemat air di rumah berikut ini.

Kebiasaan Berhemat Untuk Diawali Mulai Sekarang

  1. Mandi Lebih Cepat

Mandi segar dan bersih tidak harus lama. Terutama untuk si buah hati yang terlalu senang main air saat mandi. Mandi cepat sebenarnya lebih praktis dan bisa Anda lakukan dengan menggunakan shower tekanan rendah.

  1. Mematikan Keran Air Yang Tidak Dipakai

Kebiasaan menyalakan air saat beraktivitas di kamar mandi ternyata membuat boros. Anda dapat mengurangi kebiasaan itu dengan menyalakan air hanya saat dibutuhkan. Kemudian matikan jika tidak dipakai lagi.

  1. Gunakan Mesin Cuci Saat Cucian Menumpuk

Meski lebih mudah dan cepat, ternyata mesin cuci membutuhkan air yang lebih banyak dibanding cara manual. Anda bisa kurangi dengan menggunakan mesin saat cucian menumpuk saja. Tapi saat cucian sedikit, maka lebih baik dicuci secara manual agar penggunaan air lebih termonitor.

  1. Mencuci Sayur Dan Buah Pakai Wadah

Banyak yang mengira mencuci sayur dan buah pakai air mengalir akan lebih bersih. Sebenarnya, asumsi itu tidak selalu benar. Anda dapat menghemat konsumsi air dengan mencuci pakai wadah dan ganti air saat diperlukan saja.

Sebenarnya, dengan kebiasaan menggunakan air yang baik maka Anda pun dapat menghemat biaya tagihan air di rumah. Terutama dalam kasus air mandi, cuci, dan membersihkan makanan.