Kenali Fakta Unik Bunga Kamboja Yang Jarang Disadari Sebagai Berikut

Anda tentu sangat familiar dengan bunga kamboja bukan? Bunga apik dengan nama ilmiah plumeria ini pada dasarnya berasal dari dataran Amerika Tengah. Menariknya, keberadaan kamboja yang termasuk sebagai tanaman tropis dan subtropis membuat tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia. Untuk itu, simak fakta unik terkait kamboja sebagai berikut.

Fakta Unik Tentang Kamboja Atau Plumeria

  1. Termasuk Jenis Tumbuhan Yang Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Meskipun berasal dari dataran Amerika, kamboja ternyata sangat butuh asupan cahaya matahari dalam setiap harinya. Tanaman ini bahkan membutuhkan pancaran matahari minimal 6 jam setiap harinya. Bahkan, penanaman plumeria di daerah dingin membutuhkan perawatan khusus agar dapat bertahan hidup. Tak ayal jika tanaman ini juga dijuluki sebagai desert rose.

  1. Memiliki Banyak Jenis

Jika dibedah, plumeria memiliki banyak jenis. Warna merah muda, orange dan merah adalah jenis bunga yang banyak diminati diantara lebih dari 600 jenis bunga yang tersebar di dunia. Bahkan, pemilihan bunga favorit dari jenis tanaman ini juga ada yang didasarkan dari aroma semerbak yang dapat bertahan lama. Anda bisa melihat gambar bunga tanaman ini untuk melihat langsung kecantikannya.

  1. Dianggap Sebagai Bunga Kuburan

Bunga kamboja yang banyak ditanam di area pemakaman Pulau Jawa membuat tanaman ini dijuluki sebagai bunga kuburan. Bahkan, wangi bunga semerbak yang berasal dari plumeria seringkali dianggap mampu mengundang roh jahat. Tak ayal jika tanaman ini lebih banyak ditemukan di area pemakaman daripada di pekarangan rumah.

Padahal, alasan logis penanaman kamboja di kuburan karena mudah dibudidayakan. Area kuburan yang terlihat seperti hamparan tanah yang banyak terpapar sinar matahari membuat kamboja mampu tumbuh dengan baik. Tanaman ini bahkan dapat dimanfaatkan sebagai peneduh orang yang datang ke makam karena tumbuh secara bergerombol.

Selain fakta unik terkait pertumbuhan tanaman, plumeria ternyata seringkali menggugurkan bunga-bunga sebelum layu. Hal ini mampu menciptakan aroma harum khas di area makam walaupun tidak ada seorang pun yang melakukan tabur bunga di tempat ini. Terlebih lagi siklus hancurnya bunga yang berguguran dapat mendukung organisme tanah sehingga tanaman ini selalu subur.

  1. Dianggap Mampu Mendatangkan Rizki

Keunikan tanaman kamboja juga dapat dilihat dari ciri khas tanaman dengan sedikit daun dan banyak bunga dengan warna bervariasi. Bahkan, tekstur daun yang tergolong cukup tebal dipercaya dapat mendatangkan rizki. Tak ayal jika tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk diletakkan di halaman rumah.

Bunga yang dimiliki oleh tanaman ini pada dasarnya hanya berjumlah 5 kelopak. Meski demikian, beberapa tanaman ada yang memiliki bunga dengan jumlah genap seperti 4, 6 atau 8. Karena kondisi tersebut, banyak orang yang mempercayai bahwa pertumbuhan bunga ini menjadi simbol keberuntungan hidup.

  1. Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Fakta menarik lain yang jarang disadari dari tumbuhan plumeria adalah manfaatnya bagi kesehatan. Pasalnya, anda bisa mengambil dan mengolah bunga yang dimiliki tanaman ini sebagai obat-obatan. Misalnya saja untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam, mengobati sariawan atau radang gusi, hingga dimanfaatkan sebagai stimulus untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, bunga plumeria dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat teh untuk dikonsumsi. Anda yang merasakan minuman dari tanaman ini dijamin merasakan kenikmatan tersendiri ditambah aroma khas yang dikeluarkan. Meski demikian, kamboja juga ada yang diambil bunganya untuk diolah sebagai bahan pembuat parfum.

Sebagian besar orang mungkin seringkali mengira bahwa tanaman ini termasuk tanaman mistis yang perlu dihindari. Padahal, bunga yang dihasilkan dari tanaman ini nyatanya memiliki banyak manfaat. Baik digunakan sebagai hiasan, bahan dasar produk minyak wangi hingga dikonsumsi sebagai obat.